Konsep Graphical User Interface

12/07/2017
GUI (Graphical User Interface) adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para penggunanya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.

GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis.
Sejarah Singkat GUI
  • Pada awal diciptakan, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard.
  • Hanya orang2 tertentu sajalah yang bisa mengoperasikan komputer
  • Akhirnya para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat
  • Kemudian lahirlah yang disebut GUI (yang seperangkat aplikasinya menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lain yang menggantikan perintah ketik di shell
  • Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah untuk mengoperasikan sebuah perangkat dari pada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak command tertentu.
  • GUI pertama kali digunakan pada komputer yang diproduksi oleh APPLE yaitu Machintos dengan steve Jobs sebagai penggagasnya.

Keuntungan GUI
  • Menarik Minat Pengguna
  • Menggunakan ikon grafik dapat mempermudah dan mengurangi kobesanan pengguna pada waktu menggunakan komputer
  • Memudahkan pengguna
  • Pengguna lebih mudah memahami apa yang dipaparkan tanpa perlu banyak membaca
  • Memahirkan Pengguna Dengan Cepat
  • Cara memanipulasi objek pada screen adalah sama dalam setiap aplikasi yang berlainan masa latihan -Pengguna yang Singkat Karena pengguna GUI  telah memudahkan pengguna aplikasi maka pengguna dapat mengurangi masa latihan dan dapat belajar atau latihan dengan menggunakan aplikasi yang baru
  • Resolusi Gambar yang Tinggi
  • Dengan menggunakan GUI maka kita dapat menggunakan gambar atau tulisan yang bisa menghasilkan sampai dengan 256 warna 

Kekurangan GUI
  • memakan memori yang sangat besar
  • Bergantung pada perangkat keras
  • Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer
  • Tidak fleksibel

Link : http://adistimk.blogspot.co.id/2015/12/konsep-gui.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar